You are currently browsing the daily archive for November 14, 2007.

Beberapa minggu yang lalu saya menginstall Ubuntu Feisty Fawn di laptop saya karena tertarik mendengar promosi beberapa orang mengenai desktop-nya yang bisa lebih cool dibandingkan Vista dengan menginstall Beryl.

Setelah selesai menginstall Ubuntu dan Beryl, saya mencoba beberapa setting di Beryl untuk melihat efeknya, dan memang jauh lebih cool dibandingkan Vista. Saya cukup senang dengan setting yang telah saya buat.

Tapi ketika laptop saya restart dan mencoba untuk masuk ke Ubuntu lagi, yang muncul hanya blank screen berwarna putih. Semprul ini pikir saya, belum apa-apa udah berulah. Saya coba utak-atik konfigurasi monitor tapi tidak berhasil.

Akhirnya, saya gunakan jurus terakhir, buang Ubuntu. No hard feeling buat Ubuntu Lover, saya tetap cinta Ubuntu, tapi belum bisa beralih sepenuhnya dari Windows, apalagi mesti sering meluangkan waktu untuk ngoprek, belum punya waktu lebih euy.

Ubuntu terbuang, tapi GRUB masih nongol di awal ketika laptop di start. Berarti MBR nya mesti diperbaiki. Setelah di-google-kan akhirnya saya ketemu cara untuk mengembalikan MBR dari Windows Vista. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan CD instalasi Windows Vista
  2. Pilih menu Repair
  3. Pilih System Recovery Options, dan Pilih Command Prompt
  4. Di Command Prompt, ketik “Bootrec.exe /FixMbr”
  5. Restart Laptop dan si GRUB akan hilang tak berbekas

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami masalah yang sama.

November 2007
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930